XL Prioritaskan 4G dan 4.5G

Th. ini XL menganggarkan kian lebih 80 % berbelanja modal (capital expenditure/capex) untuk tingkatkan kemampuan, kwalitas, serta memperluas cakupan jaringan 4G serta 4, 5G.

Vice President XL Central Region, Rd. Sofia Purbayanti, menyampaikan, pelebaran service 4G LTE bakal dikerjakan di bebrapa lokasi yang mempunyai keperluan data tinggi di Indonesia. Sesaat untuk daerah yang belum terjangkau service data, XL bakal lakukan pelebaran cakupan dengan memakai service 3G lewat frekwensi 900 MHz.

” Penambahan kwalitas jaringan bakal dikerjakan XL lewat penambahan alokasi jaringan sampai 3 kali lipat dan ekspansi untuk tingkatkan jangkauan, ” kata Sofia, dalam jumpa pers di Bandung, Senin (6/2/2017).

Menurutnya, usaha itu dikerjakan untuk penuhi keperluan service data yang semakin tinggi. Ia menyampaikan, per akhir 2016, keseluruhan traffic jaringan dari semua service bertambah 162 % jadi sekitaran 500 Petabytes.

” Sampai akhir 2016 lantas, kian lebih 350 kota/kabupaten sudah terjangkau service 3G XL, serta nyaris 100 kota/ruang terlayani 4G LTE, ” katanya.

Jadi, sejumlah 91 % populasi Indonesia sudah terlayani 3G XL. Jaringan 4G LTE sudah mencapai 53 % populasi serta 2G mencapai 93 % populasi. Untuk Jawa barat, service 4G telah dapat dibuka di 12 kabupaten/kota. ” Pelanggan 4G di lokasi Central yang mencakup Jawa barat, Yogyakarta, serta Jateng sejumlah 1, 3 juta dari keseluruhan 19 juta, ” tutur Sofia.

Disamping itu, XL telah lakukan trial service 4, 5G di Bandung. Service itu dapat dibuka di enam titik, yakni Simpang Karapitan, Cimahi Kota, Tani Mulya Bandung, Kerta Mulya Bandung, Cimahi, serta Pusdikom Cibeureum Cimahi.

” Implementasi service 4, 5G ini selalu berkembang bersamaan dengan kesiapan ekosistem. Sekarang ini 4, 5G baru dapat dibuka memakai hp high end serta jumlahnya juga masihlah terbatas, ” katanya.

XL sudah mengimplementasikan jaringan LTE 4, 5G ready mulai sejak pertengahan 2016. XL menggunkaan tehnologi 4×4 MlMO dengan melipat-gandakan jumlah cabang antena BTS dari 2×2 jadi 4×4.

Tehnologi itu sudah telah diimplentasikan di Jabotabek, Bandung, kota-kota di Jawa Tengah, DIY, Surabaya, serta Denpasar. Service 4, 5G lebih unggul dari kecepatan data, kemampuan penetrasi tanda, serta stabilitas akses data.

BTS 4, 5G ready punya XL, menurut Sofia, juga telah mensupport tehnologi high modulation 256 QAM yang bakal menambah kecepatan service data 30 % diatas jaringan 4G. BTS 4G LTE XL juga telah siap untuk implementasi penggabungan frekwensi LTE 1800 MHz dengan LTE 2100 MHz (Carrier Aggregation).

” Penggabungan ini bakal mulai kami implementasikan apabila tehnologi netral di 2100 MHz telah diberikan izin oleh pemerintah untuk memberi kemampuan lebih lebar pada service data yang dari th. ke th. bertambah dengan cara tajam, ” kata Sofia.

Baca Juga Tentang Harga Motor : Kamera

Related posts

Leave a Comment