Review iOS 8

Beberapa hari yang lalu, pada ajang WWDC 2014, Apple memperkenalkan iOS 8 dengan segudang fitur baru. Dari segi tampilan, iOS 8 memang tidak terlalu berbeda dari iOS 7, namun sistem operasi terbaru dari Apple ini membawa banyak hal-hal baru untuk iDevice Anda. Berikut ini adalah segala sesuatu yang baru dari iOS 8.


>>Health
Jika iOS 8 berpusat pada sesuatu, maka pusat tersebut adalah kesehatan Anda. Maka dari itu, Apple menghadirkan aplikasi baru yang diberi nama Health. Lewat Health, Anda dapat mengakses segala informasi mengenai kesehatan Anda dengan mudah. Anda pun dapat mengintegrasi aplikasi pihak ketiga dengan Health agar Anda dapat melihat informasi kesehatan Anda dalam satu tempat.


>>Homekit
Selain Health, Apple juga menghadirkan aplikasi Homekit pada iOS 8. Aplikasi ini memberikan Anda kendali atas sistem otomatisasi di dalam rumah Anda. Pada dasarnya Homekit bekerja seperti Health (dapat diintegrasi dengan aplikasi pihak ketiga), bedanya, Homekit diperuntukan bagi sistem otomatisasi rumah.


>>Singkronisasi dengan OS X Yosemite
Tidak hanya iOS 8 saja yang diperkenalkan oleh Apple pada WWDC tadi malam. Perusahaan asal Cupertino tersebut juga memperkenalkan sistem operasi desktop terbaru yakni OS X Yosemite. Bersama iOS 8, singkronisasi antara Mac dan iDevice menjadi lebih menarik. Anda dapat mensingkronkan pesan (termasuk pesan teks) dari iOS ke Mac, mengirim panggilan telepon dari iDevice ke Mac, dan masih banyak lagi.


>>Widget pada Notification Center
Notification Center pada iOS 8 kini mendukung widget. Aplikasi manapun yang ada pada App Store dapat menambahkan widget ke Notification Center.


>>Berbagi dengan Anggota Keluarga
Dengan iOS 8 Anda dapat membentuk sebuah “keluarga” yang memberikan kemudahan untuk berbagi foto, pengingat, calendar, dan media yang Anda miliki dari iTunes (termasuk iBook, musik, video, dan banyak lagi). Fitur ini mendukung hingga enam anggota keluarga.


>>Peningkatan Integrasi Foto dengan iCloud
Kini foto-foto yang ada pada iDevice Anda dapat berintegrasi lebih baik lagi dengan iCloud. Seluruh pengeditan foto yang Anda lakukan kini dapat tersingkron ke seluruh perangkat yang terhubung ke iCloud Anda. Aplikasi Photos juga mendapatkan sejumlah peningkatan yang meliputi cara baru untuk mengedit foto, mencari foto, dan lainnya.


>>Notifikasi Interaktif
Dengan iOS 8, Anda dapat berinteraksi langsung dengan notifikasi ketika notifikasi masuk. Misalnya, ketika Anda menerima sebuah pesan teks, Anda dapat mengusap layar ke bawah untuk membalas pesan tersebut tanpa harus masuk terlebih dahulu ke aplikasi pesan atau meninggalkan aplikasi yang Anda sedang pakai pada saat notifikasi masuk.


>>Keyboard Pihak Ketiga
Dengan iOS 8, Anda dapat menginstal keyboard dari pihak ketiga seperti Swype, SwiftKey, Fleksy, dan aplikasi lain yang mendukung.


>>Extension pada Safari
Mobile browser Safari kini mendukung extension. Dengan extension, Anda dapat menerjemahkan sebuah halaman web secara otomatis menggunakan extension penerjemah, misalnya.


>>Orang-orang Favorit Muncul pada Menu Multi-tasking
Pada iOS 8, jika Anda mengetuk tombol home dua kali, selain menu multi-tasking, menu Favorit pun muncul pada bagian atas aplikasi-aplikasi yang baru digunakan. Anda dapat memilih kontak-kontak Favorit tersebut dan mengirim pesan, melakukan panggilan atau mengakses halaman kontaknya.


>>Gestur Baru di Mail
Aplikasi Mail tidak luput dari pembaharuan. iOS 8 membawa gestur-gestur baru yang memungkinkan Anda untuk mem-flag, menghapus, mark as read, dan masih banyak lagi. Anda dapat mengusap ke arah bawah pada sebuah pesan baru untuk menyembunyikannya atau mengaksesnya di lain waktu.


>>Metal
iOS 8 menghadirkan sebuah sistem grafik 3 dimensi yang disebut dengan Metal. Sistem ini membuat iOS 8 memproses grafik 3 dimensi dengan lebih baik.


>>QuickType
QuickType adalah sistem pengetikan prediktif yang baru. QuickType dapat memberikan saran untuk kata-kata yang mungkin ingin Anda ketik. Maka, jika Anda mengetik sesuatu, QuickType dapat menawarkan prediksi kata selanjutnya yang dapat Anda pilih dan membuat mengetik menjadi lebih cepat.


>>Fitur Pesan Baru
Pesan grup mendapatkan banyak peningkatan pada iOS 8. Hal ini termasuk kemampuan untuk menambah dan menghapus anggota grup. Anda pun kini dapat mengirim pesan audio atau video pada iMessages. Pesan-pesan tersebut akan hilang dalam waktu yang telah ditentukan. Selain audio dan video, Anda pun dapat berbagi lokasi Anda dengan seseorang lewat iMessages.


>>TouchID untuk Seluruh Aplikasi
Kini TouchID dapat diakses oleh aplikasi apapun. Sebagai contoh, aplikasi seperti Mint dapat dilindungi oleh password dari sidik jari Anda.


>>iCloud Drive Bekerja Lebih Baik di antara Aplikasi
iCloud Drive kini memberikan Anda akses ke seluruh dokumen yang ada pada iOS. Menariknya, kini aplikasi-aplikasi dapat dengan mudah berbagi konten. Dengan begitu Anda dapat mengedit sebuah file pada satu aplikasi, menyimpannya dan mengedit file tersebut di aplikasi lain dengan mudah.


>>Siri
iOS 8 pun tidak lupa ‘mendandani’ voice assistant Siri. Fitur terbaru yang dimiliki Siri pada iOS 8 meliputi “Hey, Siri”, pengenalan musik yang bekerja seperti Shazam, dan beberapa penambahan bahasa baru.


Itulah fitur-fitur terbaru yang dihadirkan bersama iOS 8. Sistem operasi terbaru ini akan diluncurkan pada musim gugur mendatang atau sekitar bulan September. Sudah tidak sabar ?

Related posts

Leave a Comment