Peneliti Prediksi Kebakaran Besar di Dunia

Sekumpulan peneliti menyimpulkan, kebakaran berlebihan punya potensi berlangsung di pantai timur Australia, termasuk juga Brisbane, dan semua lokasi Mediterania, mencakup Portugal, Spanyol, Prancis, Yunani, serta Turki.

Rangkuman itu didapat sesudah mereka lakukan analisa atas peristiwa kebakaran di semua dunia serta bikin polanya.

David Bowman, pakar pergantian iklim dari Kampus Tasmania, Australia, serta sebagian peneliti dari kampus lain membuat database satelit global tentang 23 juta kebakaran tempat untuk mengidentifikasi 478 kebakaran yang terekstrim.

Berdasarkan hasil riset itu, satu diantara penyebabnya kebakaran yaitu anomali cuaca, seperti kekeringan serta angin.

” Dari 478 masalah, kami mengidentifikasi 144 masalah kebakaran berlebihan terkonsentrasi di daerah tempat manusia bangun di ruang rimba yang dirambah, seperti ruang di sekitar kota di Australia Selatan serta sisi barat Amerika Utara, ” kata Profesor Bowman.

Dengan mengkaji data tersebut, mereka memperkirakan kebakaran bakal berlangsung di East Coast, Australia, termasuk juga Brisbane, serta semua lokasi Mediterania, mencakup Portugal, Spanyol, Prancis, Yunani, serta Turki.

” Riset tunjukkan penambahan bencana kebakaran sebesar 20-50 % di daerah riskan itu dengan penambahan tajam di daerah subtropis belahan bumi selatan serta Mediterania, ” ucap Profesor Bowman.

Riset ini telah dipublikasikan dalam jurnal Nature Ecology and Evolution. Riset dipublikasi bertepatan dengan peringatan kebakaran besar di Hobart, Australia, pada 1967 yang mengakibatkan 62 orang wafat, 900 orang terluka, serta 7. 000 orang kehilangan tempat tinggal.

Baca Juga Tentang : Komputer dan Laptop

Related posts

Leave a Comment