Lebaran 2017, Aplikasi Pengirim Pesan Gantikan SMS dan Telepon

Pada periode 1 minggu pada 20-27 Juni, trafik data XL alami kenaikan 15 % bila dibanding dengan hari-hari umum. Sesaat bila dibanding dengan saat yang sama th. lantas, periode H-5 hingga H+2 th. ini tunjukkan penambahan trafik data sebesar 218 %.

XL mengatakan, kenaikan ini disebabkan oleh pelebaran service 4G serta 3G 900 mereka dan makin banyak pelanggan yang memakai service data, terutama sosial media. Tidaklah heran bila trafik data sepanjang lebaran naik, mengingat makin beberapa orang yang memakai service data untuk berkomunikasi, mulai berbentuk teks sampai video call.

” Sampai sekarang ini nyaris tak ada masalah yang bermakna berlangsung di jaringan kami untuk semuanya type service, baik Data, SMS, juga voice, walau berlangsung kenaikan trafik yang cukup penting. Semuanya persiapan kami sudah jalan sesuai sama gagasan, termasuk juga tentang menambahkan kemampuan jaringan sampai 2x lipat, ” tutur Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya.

Sepanjang lebaran, sosial media juga makin seringkali dibuka. Facebook umpamanya, alami penambahan teratas dengan angka 50 %, disusul oleh Instagram dengan angka 20 % serta YouTube sebesar 17 %. Terkecuali sosial media, trafik service Google seperti Maps juga bertambah.

Trafik Google Maps serta aplikasi peta beda, Waze, bertambah menjangkau lebih dari 135 %. Argumennya yaitu karna banyak pemudik yang mencari tahu mengenai keadaan jalan saat mereka dalam perjalanan pulang kampung.

Bersamaan dengan meningkatnya pemakaian aplikasi messaging serta sosial media, makin sedikit orang yang memakai SMS. Keperluan orang-orang untuk mengatakan sepanjang hari raya Idul Fitri buat pemakaian aplikasi pengirim pesan — seperti WhatsApp, LINE serta Facebook Messenger — bertambah 46, 5 %. Sesaat service VoIP Call naik sekitaran 9 %, tunjukkan kalau service voice atau telepon juga mulai tergantikan.

Jadi asal pemudik, tidaklah heran bila jumlah pelanggan di Jabodetabek sepanjang lebaran alami penurunan 23 %. Demikian sebaliknya, di beberapa tempat sebagai maksud mudik malah alami penambahan.

Related posts

Leave a Comment