Awas, Peretas Pasang Umpan di Email Pakai Tautan Google Docs

Alphabet Inc memperingatkan beberapa pemakainya untuk menyimak e-mail dari kontak-kontak tidak di kenal yang memohon pemakai mengklik satu tautan ke Google Docs sesudah beberapa orang lari ke sosial media untuk mengeluhkan akun mereka diretas.

” Kami tengah menyelidiki satu e-mail phishing yang memperlihatkan diri sebagai Google Docs, ” cuit perusahaan itu dari akun Google Docs, Rabu saat Amerika Serikat. ” Kami menyarankan Kamu tidak untuk mengkliknya serta melaporkan phishing dalam Gmail. “

Beberapa pemakai disuruh untuk mengklik satu tautan untuk lihat satu dokumen yang bikin peretas dapat terhubung bebrapa content pada akun Google pemakai, termasuk juga e-mail, kontak serta dokumen on-line, kata beberapa pakar keamanan siber yang pelajari skema itu.

” Ini yaitu kondisi yang begitu serius untuk siapa juga yang terinfeksi karna korbannya bikin akun mereka dikendalikan oleh sekumpulan penjahat, ” kata Juicetin Cappos, profesor keamanan siber pada NYU Tandon School of Engineering.

Cappos mengakui terima tujuh e-mail mencurigakan dalam tiga jam yang tunjukkan peretas memakai system automatis untuk memperlancar serangan.

Diakuinya tidak paham maksud peretas, tetapi mencatat kalau akun-akun yang dibobol dapat dipakai untuk mengambil password untuk akun bank on-line atau akses ke data keuangan serta pribadi.

” Maksud serangan belum terang benar, namun dapat jadi sebagai awal untuk mengambil langkah ke serangan taraf besar yang tengah mereka (peretas) rencanakan, ” kata Matthew Gardiner, pakar keamanan siber pada perusahaan keamanan e-mail Mimecast seperti dilaporkan Reuters.

Related posts

Leave a Comment